Berbagai
Profesi di Bidang IT
Sekarang ini
dunia teknologi informasi sudah sangat berkembang dan banyak peminatnya,
sehingga
banyak orang yang bekerja di bidang ini. Profesi di IT sangatlah beragam yang
terdiri
dari :
• System
Analyst, Analyst Programmer
• ERP
(enterprise resource planning) Consultant
• Systems
Programmer/ Software Engineer, Web Designer, Systems Engineer
• Tester
• Database
Administrator
• Helpdesk
Analyst
• IT
Executive, IT Administrator
• Network
Administrator, Security Network Analyst, Network Support Engineer
• Manager, IT
Manager, Project Manager, Account Manager, Project Manager
Semua profesi
ini secara umum dikelompokkan ke dalam 4 kelompok sesuai bidang
pekerjaannya,
yaitu:
1. Kelompok
Pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software) baik
mereka yang
merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi. Pada lingkungan
kelompok ini
terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti misalnya :
• System
analyst : bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai
dari
menganalisa sistem yang ada, tentang kelebihan dan kekurangannya, sampai studi
kelayakan dan
desain sistem yang akan dikembangkan.
• Systems
Programmer/Software Engineer : bertugas mengimplementasikan rancangan
sistem analis
yaitu membuat program (baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem
yang
dianalisa sebelumnya.
• Web
designer : orang yang melakukan kegiatan perecanaan, termasuk studi kelayakan,
analisis dan
desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
• Web
programmer : bertugas mengimplementasikan rancangan web designer yaitu
membuat
program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.
2. Kelompok
Kedua, adalah mereka yang bergelut di perangkat keras (hardware). Pada
lingkungan
kelompok ini terdapat pekerjaanpekerjaan seperti :
• Technical
engineer (atau teknisi) : orang yang berkecimpung dalam bidang teknik baik
mengenai
pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer.
• Networking
engineer : orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer
dari
maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
3. Kelompok
Ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional sistem informasi.
Pada
lingkungan kelompok ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
• EDP
operator : bertugas untuk mengoperasikan program-program yang berhubungan
dengan
electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi
lainnya.
• System
administrator : bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan
pemeliharaan
sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta
hal-hal lain
yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem.
• MIS
director : orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah sistem
informasi,
melakukan manajemen terhadap sistem tersebut secara keseluruhan baik
hardware,
software maupun sumber daya manusianya.
• Database
Administrator : orang yang bertanggung jawab untuk administrasi &
pemeliharaan
teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian sistem database.
• IT
Administrator : menyediakan implementasi & administrasi yang meliputi Local
Area
Network
(LAN), Wide Area Network (WAN) dan koneksi dial-up.
• Helpdesk
Analyst : orang yang bertugas me-’remote’ permasalahan troubleshoot melalui
email atau
telepon dengan cara mengambil-alih kendali para pemakai via LAN/WAN
koneksi. Juga
betanggung jawab dalam perencanaan, mengkoordinir & mendukung
proses bisnis,
sistem & end-users dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
4. Kelompok
Keempat, adalah mereka yang berkecimpung di pengembangan bisnis Teknologi
Informasi.
Pada bagian ini, pekerjaan diidentifikasikan oleh pengelompokan kerja di
berbagai
sektor di
industri Teknologi Informasi.
Pengelompokkan
profesi di kalangan teknologi informasi juga dapat didasarkan pada SRIG-PS
SEARCC (South
East Asia Regional Computer Confideration) yang merupakan suatu badan
beranggotakan
himpunan profesional IT yang terdiri dari 13 negara. Indonesia merupakan salah
satu
anggotanya yang sudah aktif di berbagai kegiatan, seperti SRIG-PS (Special
Regional
Interest
Group on Profesional Standardisation). Kegiatan inilah yang mencoba merumuskan
standardisasi
pekerjaan di dalam dunia Teknologi Informasi.
Standar model
SRIG-PS SEARCC memiliki dua pendekatan dalam melakukan pengklasifikasian
pekerjaan.
Kedua pendekatan tersebut adalah:
1. Model yang
berbasiskan industri atau bisnis. Pada model ini pembagian pekerjaan
diidentifikasikan
oleh pengelompokan kerja di berbagai sektor di industri Teknologi
Informasi.
Model ini digunakan oleh Singapore dan Malaysia.
2. Model yang
berbasiskan siklus pengembangan sistem. Pada model ini pengelompokkan
dilakukan
berdasarkan tugas yang dilakukan pada saat pengembangan suatu sistem.
Model
pendekatan ini digunakan oleh Japan.
Pengelompokkan
profesi IT berdasarkan standar model tersebut adalah
Programmer
Bidang
pekerjaan yang melakukan pemrograman komputer terhadap suatu sistem yang telah
dirancang
sebelumnya. Jenis pekerjaan ini memiliki 3 tingkatan yaitu :
•
Supervised
(terbimbing). Tingkatan awal dengan 0-2 tahun pengalaman, membutuhkan
pengawasan
dan petunjuk dalam pelaksanaan tugasnya.
•
Moderately
supervised (madya). Tingkatan dengan tugas kecil yang dapat dikerjakan
oleh mereka
tetapi tetap membutuhkan bimbingan untuk tugas yang lebih besar, 3-5
tahun
pengalaman.
•
Independent/Managing (mandiri). Tingkatan pekerjaan yang tugasnya dimulai tidak
membutuhkan
bimbingan dalam pelaksanaan tugas.
System
Analyst (Analis Sistem)
Bidang
pekerjaan yang melakukan analisis dan desain terhadap sebuah sistem sebelum
dilakukan
implementasi atau pemrograman lebih lanjut. Analisis dan desain merupakan kunci
awal untuk
keberhasilan sebuah proyek-proyek berbasis komputer. Jenis pekerjaan ini juga
memiliki 3
tingkatan seperti halnya pada programmer.
Project
Manager (Manajer Proyek)
Bidang
pekerjaan yang melakukan manajemen terhadap proyek-proyek berbasis sistem
informasi.
Level ini adalah level pengambil keputusan. Jenis pekerjaan ini juga memiliki
3 tingkatan
seperti halnya pada programmer, terhgantung pada kualifikasi proyek
yangdikerjakannya.
Instructor
(Instruktur)
Bidang
pekerjaan yang berperan dalam melakukan bimbingan, pendidikan dan pengarahan
baik
terhadap anak
didik maupun pekerja level di bawahnya. Jenis pekerjaan ini juga memiliki 3
tingkatan
seperti halnya pada programmer.
Specialist
Bidang
pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. Berbeda dengan pekerjaan-pekerjaan
yang lain,
pekerjaan ini hanya memiliki satu level saja yaitu independent (managing),
dengan
asumsi bahwa
hanya orang dengan kualifikasi yang ahli dibidang tersebut yang memiliki
tingkat
profesi
spesialis. Pekerjaan spesialis menurut model SEARCC ini terdiri dari :
• Data
Communication
• Database
• Security
• Quality
Assurances
• IS Audit
• System
Software Support
• Distributed
System
• System
Integration
Berikut
merupakan penjelasan deskripsi pekerjaan (jobdesc) beberapa profesi IT yang
telah
dijelaskan
sebelumnya :
IT Programmer
1. Mengmbil
bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak.
2.
Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak.
3. Menerima
permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan.
4.
Menyediaakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen
internal
maupun eksternal.
5.
Bertanggung jawab atas kepuasan terkini pelanggan.
6. Melakukan
tugas-tugas yang berkaitan dan tanggung jawab yang diminta, seperti dalam
sertifikat
dan menuruti rencana dasar perusahaan untuk membangun kecakapan dalam
portofolio
pruduk.
7. Mengerjakan
macam-macam tugas terkait seperti yang diberikan.
8. Membentuk
kekompakan maksimum dalam perusahaan bersama dengan rekan-rekan
dalam
perusahaan.
System
Analyst
1.
Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan dan evaluasi sistem yang sudah ada
maupun untuk
rancangan suatu sistem.
2. Riset,
perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade
sistem
pengoperasian.
3. Riset,
perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade
perangkat
keras, perangkat lunak, serta sistem pengoperasiannya.
4. Melakukan
analisis dan evaluasi terhadap prosedur bisnis yang ada maupun yang sedang
diajukan atau
terhadap kendala yang ada untuk memenuhi keperluan data processing.
5.
Mempersiapkan flow chart dan diagram yang menggambarkan kemampuan dan proses
dari sistem
yang digunakan.
6. Melakukan
riset dan rekomendasi untuk pembelian, penggunaan, dan pembangunan
hardware dan
software.
7.
Memperbaiki berbagai masalah seputar hardware, software, dan konektivitas,
termasuk di
dalamnya
akses pengguna dan konfigurasi komponen.
8. Memilih
prosedur yang tepat dan mencari support ketika terjadi kesalahan, dan panduan
yang ada
tidak mencukupi, atau timbul permasalahan besar yang tidak terduga.
9. Mencatat
dan memelihara laporan tentang perlengkapan perangkat keras dan lunak,
lisensi situs
dan/ atau server, serta akses dan security pengguna.
10. Mencari
alternatif untuk mengoptimalkan penggunaan komputer.
11. Mampu
bekerja sebagai bagian dari team, misalnya dalam hal jaringan, guna menjamin
konektivitas
dan keserasian proses di antara sistem yang ada.
12. Mencatat
dan menyimpan dokumentasi atas sistem.
13. Melakukan
riset yang bersifat teknis atas system upgrade untuk menentukan feasibility,
biaya dan
waktu, serta kesesuaian dengan sistem yang ada.
14. Menjaga
confidentiality atas informasi yang diproses dan disimpan dalam jaringan
15.
Mendokumentasikan kekurangan serta solusi terhadap sistem yang adasebagai
catatan
untuk masa
yang akan datang.
IT Project
Managers
1.
Mengembangkan dan mengelola work breakdown structure (WBS) proyek teknologi
informasi.
2.
Mengembangkan atau memperbarui rencana proyek untuk proyek-proyek teknologi
informasi
termasuk informasi seperti tujuan proyek, teknologi, sistem, spesifikasi
informasi,
jadwal, dana, dan staf.
3. Mengelola
pelaksanaan proyek untuk memastikan kepatuhan terhadap anggaran, jadwal,
dan ruang
lingkup.
4. Menyiapkan
laporan status proyek dengan mengumpulkan, menganalisis, dan meringkas
informasi dan
tren.
5. Menetapkan
tugas, tanggung jawab, dan rentang kewenangan kepada personil proyek.
6.
Mengkoordinasikan rekrutmen atau pemilihan personil proyek.
7.
Mengembangkan dan mengelola anggaran tahunan untuk proyek-proyek teknologi
informasi.
8.
Mengembangkan rencana pelaksanaan yang mencakup analisis seperti biaya-manfaat
atau laba
atas investasi.
9. Secara
langsung atau mengkoordinasikan kegiatan personil proyek.
10.
Menetapkan dan melaksanakan rencana komunikasi proyek.
IT Support
Officer
1. Menerima,
memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT
2. Membeli
hardware IT, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
3. Instalasi,
perawatan dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware & software
Windows &
Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll
4.
Korespondensi dengan penyedia jasa eksternal termasuk Internet Service
Provider,
penyedia jasa
Email, hardware, dan software supplier, dll.
5. Mengatur
penawaran harga barang dan tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan
yang
berhubungan dengan IT.
6.
Menyediakan data / informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan department
regular
Network
Administrator
1. Maintain
dan perawatan jaringan LAN.
2. Archive
data.
3. Maintain
dan perawatan komputer.
Network
Engineer
1.
Maintenance LAN dan Koneksi Internet
2.
Maintenance hardware
3.
Maintenance database dan file
4. Help Desk
5. Inventory
Network and
Computer Systems Administrators
1. Menjaga
dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait termasuk
perangkat
keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua
konfigurasi.
2. Melakukan
backup data dan operasi pemulihan kerusakan.
3.
Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan menyelesaikan perangkat keras, perangkat
lunak, atau
jaringan lainnya dan masalah sistem, dan mengganti komponen yang rusak
bila
diperlukan.
4.
Merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan langkah-langkah keamanan
jaringan
untuk melindungi data, perangkat lunak, dan perangkat keras.
5.
Mengkonfigurasikan, memonitor, dan memelihara aplikasi email atau virus
software
perlindungan.
6. Mengoperasikan
master konsol untuk memonitor kinerja sistem komputer dan jaringan,
dan untuk
mengkoordinasikan komputer akses jaringan dan penggunaan.
7. Memuat
rekaman komputer dan disk, dan menginstal perangkat lunak dan kertas printer
atau form.
8. Desain,
mengkonfigurasi, dan perangkat keras uji komputer, jaringan lunak dan
perangkat
lunak sistem operasi.
9. Memonitor
kinerja jaringan untuk menentukan apakah penyesuaian perlu dibuat, dan
untuk
menentukan di mana perubahan harus dibuat di masa depan.
10. Berunding
dengan pengguna jaringan tentang bagaimana untuk memecahkan masalah
sistem yang
ada.SimakBaca secara fonetik.
Network
Systems and Data Communications Analysts
1. Menguji
dan mengevaluasi hardware dan software untuk menentukan efisiensi,
reliabilitas,
dan kompatibilitas dengan sistem yang ada, dan membuat rekomendasi
pembelian.
2. Desain dan
implementasi sistem, konfigurasi jaringan, dan arsitektur jaringan, termasuk
teknologi
perangkat keras dan perangkat lunak, lokasi situs, dan integrasi teknologi.
3. Membantu
pengguna untuk mendiagnosa dan memecahkan masalah komunikasi data.
4. Memantau
kinerja sistem dan menyediakan langkah-langkah keamanan, tips dan
pemeliharaan
yang diperlukan.
5. Menjaga
dibutuhkan file dengan menambahkan dan menghapus file pada server jaringan
dan membuat
cadangan file untuk menjamin keselamatan file apabila terjadi masalah
dengan
jaringan.
6. Bekerja
dengan engineer lain, analis sistem, programer, teknisi, ilmuwan dan manajer
tingkat atas
dalam pengujian, desain dan evaluasi sistem.
7.
Mengidentifikasi area operasi yang perlu diupgrade peralatan seperti modem,
kabel serat
optik, dan
kabel telepon.
8. Konsultasi
pelanggan, kunjungi tempat kerja atau melakukan survei untuk menentukan
kebutuhan
pengguna sekarang dan masa depan.
9. Melatih
pengguna dalam menggunakan peralatan.
10.
Memelihara perangkat seperti printer, yang terhubung ke jaringan.
Web
Administrators
1. Back up
atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan pemulihan
kerusakan.
2. Menentukan
sumber halaman web atau masalah server, dan mengambil tindakan untuk
memperbaiki
masalah tersebut.
3. Meninjau
atau memperbarui konten halaman web atau link pada waktu yang tepat,
menggunakan
tool-tool.
4. Memonitor
sistem untuk intrusi atau serangan denial of service, dan melaporkan
pelanggaran
keamanan untuk personil yang tepat.
5. Menerapkan
langkah-langkah keamanan situs web, seperti firewall atau enkripsi pesan.
6. Mengelola
internet / intranet infrastruktur, termasuk komponen seperti web, file transfer
protocol
(FTP), berita dan server mail.
7.
Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk membahas, menganalisis, atau
menyelesaikan
masalah kegunaan.
8. Test
backup atau pemulihan rencana secara teratur dan menyelesaikan masalah.
9. Memonitor
perkembangan web melalui pendidikan berkelanjutan, membaca, atau
partisipasi
dalam konferensi profesional, workshop, atau kelompok.
10.
Menerapkan update, upgrade, dan patch pada waktu yang tepat untuk membatasi
hilangnya
layanan.
Web
Developers
1. Mendesain,
membangun, atau memelihara situs web, menggunakan authoring atau
bahasa
scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media digital.
2. Meakukan
atau update situs web langsung.
3. Menulis,
desain, atau mengedit konten halaman web, atau yang lain langsung
memproduksi
konten.
4. Berunding
dengan tim manajemen atau pengembangan untuk memprioritaskan
kebutuhan,
menyelesaikan konflik, mengembangkan kriteria konten, atau memilih solusi.
5. Back-up
file dari situs web untuk direktori lokal untuk pemulihan instan dalam kasus
masalah.
6.
Mengidentifikasi masalah yang ditemukan oleh umpan balik pengujian atau
pelanggan,
dan
memperbaiki masalah masalah atau merujuk pada personalia yang tepat untuk
koreksi.
7. Evaluasi
kode untuk memastikan bahwa itu adalah sah, benar terstruktur, memenuhi
standar
industri dan kompatibel dengan browser, perangkat, atau sistem operasi.
8. Menjaga
pemahaman teknologi web saat ini atau praktek pemrograman melalui
melanjutkan
pendidikan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi profesional,
workshop,
atau kelompok.
9.
Menganalisis kebutuhan pengguna untuk menentukan persyaratan teknis.
10.
Mengembangkan atau memvalidasi tes routine dan jadwal untuk memastikan bahwa
uji
kasus meniru
antarmuka eksternal dan alamat semua jenis browser dan perangkat.
Computer
Security Specialists
1.
Mengenkripsi transmisi data dan membangun firewall untuk menyembunyikan
informasi
rahasia
seperti sedang dikirim dan untuk menahan transfer digital tercemar.
2.
Mengembangkan rencana untuk melindungi file komputer terhadap modifikasi
disengaja
atau tidak sah, perusakan, atau pengungkapan dan untuk memenuhi kebutuhan
pengolahan
data darurat.
3. Meninjau
pelanggaran prosedur keamanan komputer dan mendiskusikan prosedur dengan
pelanggar
untuk memastikan pelanggaran tidak terulang kembali.
4. Memonitor
penggunakan file data dan mengatur akses untuk melindungi informasi dalam
file
komputer.
5. Monitor
laporan saat ini dari virus komputer untuk menentukan kapan untuk
memperbarui
sistem perlindungan virus.
6.
Memofifikasi keamanan file komputer untuk memasukkan software baru, memperbaiki
kesalahan,
atau mengubah status akses individu.
7. Melakukan
penilaian risiko dan melaksanakan tes pengolahan data sistem untuk
memastikan
fungsi pengolahan data kegiatan dan langkah-langkah keamanan.
8. Berunding
dengan pengguna untuk membahas isu-isu seperti akses data komputer
kebutuhan,
pelanggaran keamanan, dan perubahan pemrograman.
9. Melatih
pengguna dan meningkatkan kesadaran keamanan untuk memastikan keamanan
sistem dan
untuk meningkatkan sdfaafserver dan jaringan.
10.
Mengkoordinasikan pelaksanaan rencana sistem komputer dengan personil pendirian
dan
vendor luar.
Referensi :
•
http://pustaka.ictsleman.net/informatika/makalah/5_Jenis-jenis_Profesi_di_ti.pdf
•
http://directory.umm.ac.id/tik/etika-003.pdf
•http://dosen.stiki.ac.id/arifin/Etika%20komputer/pdf/PROFESI%20DI%20BIDANG%20TEKNOLOGI%20INFORMASIx.pdf
•
http://freezcha.wordpress.com/2011/04/13/profesi-di-bidang-it/
• http://ririndisini.wordpress.com/2011/04/15/jenis-profesi-di-bidang-itjobdesknya-beserta-perbedaan-di-beberapa-negara/
• http://ririndisini.wordpress.com/2011/04/15/jenis-profesi-di-bidang-itjobdesknya-beserta-perbedaan-di-beberapa-negara/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar