Dalam layanan
telematika disini kita tidak akan terlepas dari yang namanya interface untuk
melakukan layanan telematika tersebut. Maka akan dijelaskan beberapa interface
yang dapat digunakan dalam Telematika diantaranya sbb:
Interface dalam
telematika meliputi banyak hal,salah satu nya adalah video conference. Layanan
video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio
secara real time. Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference
komersial pada awalnya dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch
Digital Network) dengan standar H.320.
Perangkat-perangkat
lainnya seperti : LCD Proyektor 7 9, Printer LazerJet/DeskJet/BubleJet 25 30,
Ploter 1 1, Scanner 4 5, Digitizer. Salah satu fitur yang terdapat pada
interface telematika seperti : Aplikasi Berbasis Web (berteknologi internet)
yang tidak perlu diinstall di setiap client dan bisa jalan di sistem operasi
apapun (Open System). Dari Aplikasi Keselamatan dan Keamanan misalnya: SOS,
Kontrol Jarak Jauh, Tracking Otomatis, dll. Aplikasi navigasi : informasi
Trafiki, Cuaca, GPS, dll. Aplikasi komunikasi : Handfree, SMS dan MMS, Video
Call, dll.
Berikut ini adalah jenis – jenis layanan telematika.
Layanan Informasi
Layanan informasi
merupakan penggabungan dari telekomunikasi digital dan teknologi computer yang
memainkan peran penting dalam komunikasi antar manusia. layanan informasi
menggabungkan suatu system komunikasi dengan kendaraan yang bergerak, seperti
mobil untuk menawarkan layanan informasi yang disebut GPS, dimana GPS tersebut
adalah sebagai petunjuk jalan. contoh lain dari layanan informasi misalnya
internet services yang saat ini sudah lazim. Penggunaan teknologi telematika
dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat, termasuk pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan, serta
meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga
harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta
meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat Wartel dan Warnet memainkan
peranan penting dalam masyarakat
Layanan Keamanan
Layanan keamanan
merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data. Layanan terdiri
dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin.
Layanan telematika juga dimanfaatkan pada sektor– sektor keamanan seperti yang
sudah dijalankan oleh Polda Jatim yang memanfaatkan TI dalam rangka
meningkatkan pelayanan keamanan terhadap masyarakat. Kira-kira sejak 2007 lalu,
membuka layanan pengaduan atau laporan dari masyarakat melalui SMS dengan kode
akses 1120.
Layanan Context Aware dan Event-Based
Di dalam ilmu komputer
menyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi
terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu
yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh
Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness
adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network
itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user,
berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Layanan Perbaikan Sumber (Resource Discovery
Service)
Layanan perbaikan
sumber adalah layanan untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. layanan
ini juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat
kecepatan penemuan. Contoh : Telematika
dalam masyarakat dan untuk masyarakat. Penggunaan teknologi telematika
dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
termasuk pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas
hidup masyarakat.
Dalam layanan telematika. beberapa diantaranya mempunyai fungsi tersendiri dalam melayani penggunanya atau pemakainya untuk memenuhi kebutuhan mereka. jadi bagaimanapun layanan telematika harus bisa berfungsi sesuai apa yang di perlukan oleh penggunanya.
Sumber :
http://girlycious09.wordpress.com/2011/10/22/layanan-telematika/
http://www.pajri.com/pengantar-telematika/detail/layanan-telematika-telematics-services
Tidak ada komentar:
Posting Komentar