Pengertian organisasi & Manajemen
Organisasi adalah kumpulan dari sekelompok orang
yang mempunyai bakat yang berbeda, namun mereka semua berkumpul untuk mencapai
satu tujuan yang sama. Tujuan itu dijadikan target utama dari berdirinya sebuah
organisasi. Karena manusia makhluk sosial, jika mereka ingin memncapai sebuah
tujuan yang besar tidak mungkin dilakukan sendiri, maka mereka mempunyai ide
dengan merekrut beberapa orang dan membentuk suatu partai yang sudah mempunyai
beberapa aunggota dan mereka berupaya mewujudkan tujuannya tersebut dengan
bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Maka terbentuklah suatu organisasi.
Manajemen
diambil dari kata bahasa inggris manage yang artinya mengatur / menyusun.
Alam suatu organisasi, bila sudah dibentuk maka organisasi itu akan memulai
untuk mencapai tujuannya. Tapi tidak dengan sembarang tindakan mereka dapat
mencapai tujuan tersebut. Harus ada perencanaan terlabih dahulu agar tidak
berantakan. Maka dibutuhkan manajemen yang baik dan terstruktur rapih agar
semuanya berjalan lancar dan tujuan dari organisasi itupun dapat dicapai. Jadi
manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan
organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, dan pengendalian orang – orang serta sumber daya oraganisasi
lainnya.
Fungsi
manajemen menurut beberapa tokoh
Ada banyak fungsi manajemen. Yaitu :
Planning
Planning
adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan
membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
Organizing
Organizing adalah suatu kegiatan pengaturan pada
sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk
menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
Leading
Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :
• Mengambil keputusan
• Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara
manajer dan bawahan.
• Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada
bawahan supaya mereka bertindak.
Memeilih orang-orang yang menjadi anggota
kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka
terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
Directing/Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen
yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau
instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat
dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah
ditetapkan semula.
Controling
Controling adalah suatu aktivitas menilai kinerja
berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau
perbaikan jika diperlukan.
Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan
salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan
kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa
yang diinginkan oleh atasan.
Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah
satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi
kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan,
menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama
yang terarahdalam upaya mencapai tujuan organisasi.
Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen berupa
penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai
segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang
lebih tinggi.
Staffing
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen
berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga
kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna
maksimal kepada organisasi.
Forecasting
Forecasting adalah meramalkan, memproyrksikan, atau
mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum
suatu rancana yang lebih pasti dapat dilakukan.
Namun menurut beberapa tokoh urutannya berbeda –
beda dan juga ada yang menambahkan elemen fungsi manajemen.
- Menurut Henry Fayol : planning, organizing, commanding, coordinating, controling.
- Menurut Luther Gullick : planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, budgeting
- Menurut George Terry : planning, organizing, actuating, controling
- Menurut Ernest Dale : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating, Representing dan Controlling.
Bagan struktur
organisasi
Berikut adalah contoh yang dulu biasa kita lihat
disekolah. Ini adalah bagan struktur sekolah, mulai dari kepala sekolah
* Materi ini sebagian diambil dari beberapa sumber yang ditemukan oleh google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar